Tuesday, May 17, 2016

Mencoba Lensa Universal : Macro

Rasanya sudah lama sekali aku ngga foto-foto. Beli hape baru uda dari akhir oktober tahun 2015, tapi belum pernah sekalipun memaksimalkan fitur kamera di hape. Kamera hape cuma buat foto ala kadarnya. Baru hari ini, tanggal 15 Mei 2016 aku mulai coba foto-foto lagi. FYI aja nih, aku dari dulu emang paling seneng foto-foto gitu apapun objeknya. Ngga cm foto selfi-selfie aja. Berhubung sudah kerja, senin sampai jumat dari pagi hingga menjelang petang, jadi ya ga sempet. Padahal dulu aku  orangnya tipe orang yang ngga sok sibuk loh. 

Gimana ya, Capturing moment with camera always give me so much pleasure gitu. Seneng aja, walau hasilnya ya biasa, ngga seperti para mastah-mastah setidaknya buat koleksi pribadi dan buat ngingat2 suatu kejadian. Kalau dilihat beberapa tahun kedepan pasti bisa bikin cengar cengir, entah itu lucu bgt atau geli dengan cerita dibalik foto itu. Bisa juga buat dokumentasi, biar tau progress skill memfotonya. 

Oke, singkat cerita.. pas aku pulang rumah dan nemuin benda kecil nan imut ini, langsung kepikirian buat nyobain. Kayaknya sudah lama dianggurin tuh lensa universal bonusan waktu bapak beli hape, sampai berdebu dan sudah seperti artefak. :v *nggak nding, aku lebay. Di dalam kardusnya ada 3 lensa, lensa fish eye; wide dan macro. Karena aku cuma dirumah, jadi mutusin buat macronan aja. Nah, buat foto macro harus gabungin lensa macro dan wide. Nggak perlu aku jelasin kayaknya uda pada tau ya.  :-D  Dan untuk hapenya aku pakai Xiaomi redmi 2 prime. Yuk ah, hape dan lensa sudah siap, mari segera berburu serangga.  

Tampak Depan

Tampak Samping

Biasanya disekitaran rumah gampang banget nemuin serangga, tapi kali ini kok susah. Ah, memang kayaknya lensanya ditakdirkan untuk nganggur aja, ditengah keputusasaanku (huekkk :v), akhirnya aku nemu serangga di depan rumah. Serangga apakah itu? 


Ya ya ya, itu adalah laba-laba. Jangan sampai kegigit ya, bahaya !! Nanti bisa jadi spiderman. 

Percobaan Pertama : 

Gambar 1
Pas lihat hasilnya, "Wah, lumayan. kurang keliatan muka monggonya aja *laba-laba" 

Percobaan Kedua :

Gambar 2
"Wow!! ini sih bagus banget. mbokeh dan warnanya jg bagus, cuma kurang deket aja "
 *masih tetap semangat mencoba

Karena hasil kedua lebih bagus dari yang pertama dan aku juga punya sifat manusia pada umumnya yang tak pernah puas, semangatku jadi makin berapi-api untuk terus mencoba. Tapi pas nyoba-nyoba ternyata susah banget!! monggonya jalan-jalan dan lompat-lompat mulu. Ah, jadi keinget Pram. Stalk aja deh instagramnya @pramud ( https://www.instagram.com/pramud/ ) hasil macronya bagus banget, itu gimana ngambilnya? apa pram sebelum photoshot diskusi dulu sama serangganya?? minta kerjasama gitu?? nyamuk dan lalat looh. itu kan susah banget. dulu aku pernah foto macro semut, harus bener-bener standby dan itu lama.  Balik lagi ke monggonya, karena monggonya kabur-kaburan terus dan matahari bersinar dengan teriknya, aku kepanasan dan masih punya tanggungan cucian, yauda aku lanjut bilas dan jemur-jemur baju dulu. 

Setelah kerjaan beres, aku balik lagi kedepan rumah. Lha kok monggonya uda ngga ada. :v yaahhh, sedih dong. lalu aku jongkok, layaknya di drama-drama gitu kalau pas lagi sedih lalu jongkok dan nangis. Pas jongkok, eee si monggo ternyata ngumpet di balik daun. Lalu aku mencoba berkomunikasi sama monggonya, aku bilang aku ngga mau nyakitin; aku cuma mau memfoto; dan memohon untuk kerjasamanya. Ajaib, habis aku bilang gt monggonya jadi lebih gampang difoto, ya walaupun masih jalan-jalan dan lompat-lompat. tapi lompat-lompatnya itu lho, menuju ke hp nya. jadi seneng nongkrong di depan kamera hp nya. sayang aja ngga aku foto, cuma bawa hp satu. kalau aku kedalam ngambil hp dulu takut monggonya go away. 

Hasil Percobaan Berikutnya :

Gambar 3

Gambar 4


Gambar 5


Gambar 6


Gambar 7


Gambar 8
Gamabar 9


Gambar 10


Gambar 11

Cukup sekian, Bagaimana hasilnya? Lumayankan? Aku sampai bingung mau posting di Instagram pakai gambar yang mana. Kalau kalian suka yang mana? Komen dibawah ya. ^_^ 

No comments:

Post a Comment